Tentang Trimester Kehamilan yang Sering Moms Dengar

Tentang Trimester Kehamilan yang Sering Moms Dengar

Moms terkhususnya yang baru saja memasuki masa kehamilan, akan sering mendengar istilah trimester kehamilan yang dibagi dalam kurun waktu tertentu entah 3 bulan, 6 bulan hingga 9 bulan. Istilah ini cukup familiar sebagai usia kehamilan yang dibagi atas periode atau kurun waktu tertentu sejak awal pembuahan dan melahirkan.

Dalam periode kehamilan normal (280 hari atau 40 minggu), akan ada istilah trimester yang membagi periode waktu kehamilan secara spesifik seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Lebih lanjut, terdapat 3 (tiga) periode yang akan Moms lalui selama masa kehamilan penuh, yaitu:

  • Kehamilan Trimester pertama dengan usia kehamilan 0 – 12 minggu
  • Kehamilan Trimester kedua dengan usia kehamilan 13 – 28 minggu, dan
  • Kehamilan Trimester ketiga dengan usia 28 – 40 minggu

Perlu dicatat, perhitungan usia kehamilan dapat dimulai dari hari pertama haid terakhir dengan konsepsi terjadi setelah 2 minggu sejak hari terakhir haid tersebut.

Setelah mengetahui perhitungannya, yuk Moms lebih mengenali setiap fasenya secara lengkap yang akan dijabarkan berikut!

Trimester pertama

Dalam trimester pertama ini, secara penampilan mungkin orang lain tidak akan mengetahui bahwa Moms sedang hamil. Namun, sebenarnya tubuh Moms sedang (atau akan) mengalami perubahan yang cukup signifikan pada beberapa fungsi tubuh dalam rangka mempersiapkan tumbuh kembang janin. Hal ini dilatar belakangi oleh hormon HCG di dalam tubuh. Selain perubahan secara fisik, terdapat beberapa perubahan lain yang bisa saja terasa meski tidak semua akan merasakannya, seperti:

  • Mual dan muntah
  • Suasana hati yang tidak menentu
  • Payudara terasa nyeri atau bengkak
  • Berat badan yang sedikit demi sedikit terus meningkat
  • Mengidam atau justru menjadi tidak suka makanan favorit.
  • Rasa ingin selalu buang air kecil

 

Trimester kedua

Menginjak trimester kedua kehamilan pada usia 13 minggu hingga minggu ke 28, tubuh Moms akan mulai membiasakan diri dengan janin yang berada di tubuh Moms. Hal yang menggemaskan adalah ibu mungkin dapat merasakan gerakan kecil dari Si Kecil di dalam kandungan. Beberapa gejala mungkin akan Moms rasakan seperti;

  • Peningkatan nafsu makan
  • Perubahan bentuk tubuh khususnya area perut
  • Penurunan frekuensi buang air kecil karena berkurangnya tekanan pada kandung kemih
  • Dalam beberapa kasus akan merasakan sensasi gatal khususnya daerah perut bagian bawah

Pada trimester ini juga Moms dapat melakukan beberapa jenis olahraga yang sesuai kebutuhan. Jenis olahraga ini pun berfokus pada konsumsi energi yang tidak berlebihan dan tidak mengharuskan kondisi gerak tubuh yang cepat dan mendadak. Adapun beberapa rekomendasi olahraga seperti jalan ringan, yoga, atau berenang santai. Baiknya sebelum memutuskan, Moms harus berkonsolidasi terlebih dahulu dengan dokter, ya!

Trimester ketiga

Periode ketiga merupakan periode terakhir kehamilan yang akan dijalani Moms dengan usia kandungan antara 28-40 minggu. Periode ini adalah masa final yang cukup “sensasional” karena rasa berdebar dan tidak sabar yang semakin meledak-ledak pastinya. Hal yang agak kurang nyaman adalah rasa Lelah atau depresi ringan akan semakin meningkat. Maka dari itu peran Dads juga sangat penting sehingga baiknya Dads perlu meningkatkan perhatiannya pada Moms dan Si Kecil ya!

Pastikan Moms selalu sehat secara fisik dan mental selama masa ini, beberapa aktivitas juga dapat menjadi menyenangkan seperti mengajak untuk membeli perlengkapan bayi yang akan Si Kecil gunakan nanti. Beberapa perlengkapan dapat dipersiapkan seperti pakaian, mainan bayi, tas ataupun gendongan. Pastikan membeli sesuai kebutuhan dengan kualitas terbaik untuk Si Kecil ya Moms!

Nah setelah mengetahui perhitungan dan pembagian masa trimester ini, baiknya orang tua dapat mengatur segala persiapan yang dibutuhkan ya. Pastikan segala aktivitas, asupan gizi dan kesehatan Moms dapat selalu terjaga dengan baik di setiap periodenya agar Si Kecil dapat lahir dengan sehat dan menciptakan kebahagiaan baru di tengah Moms dan Dads! 😀 -KJ

No Comments

Post A Comment