Sesungguhnya Manfaat Lomba 17 Agustus Itu Ada

17 Agustus merupakan hari kemerdekaan Indonesia. Hari ini tentu merupakan peringatan yang penuh dengan memori sejarah, terkhususnya kita para orang tua dari kecil hingga sekarang. Sedari dulu, perayaan 17-an ini tidak pernah berubah meski jaman selalu berubah, ya! Kini bagi para ayah dan bunda baru, peringatan 17 an ini juga menjadi semakin menarik karena kehadiran Si Kecil. Mungkin tidak semua anak bisa mengikuti lomba karena mungkin Si Kecil terlalu muda untuk ini, namun kita dapat tetap mengajaknya ikut dalam perayaan 17 Agustus ini di dekat rumah. Hal ini penting karena sebenarnya terdapat banyak manfaat lomba 17 Agustusan yang akan ia rasakan seiring berjalannya waktu nanti.

Manfaat Lomba 17 Agustus-an

  • Mendorong Si Kecil untuk berbaur

Membawa Si Kecil untuk menonton perlombaan tentu memungkinkannya untuk bertemu dengan anak seusianya. Inilah saat yang tepat untuk kita membantu Si Kecil bersosialisasi agar ia memiliki banyak teman baru untuk diajak bermain bersama-sama di waktu yang akan datang kelak.

  • Memperkuat jiwa nasionalis

Konsep nasionalisme kemerdekaan akan menjadi sebuah hal yang agak sulit untuk ia pahami sekarang. Namun, justru cara memperkuat rasa nasionalisme tersebut justru dengan melibatkannya dalam hal tertentu salah satunya saat menonton lomba 17 Agustus ini. Meski hanya menonton, Si Kecil akan juga merasa terlibat dengan kegiatan ini dan juga mempelajari banyak hal baru seperti sejarah lewat acara ini.

  • Membangun rasa percaya diri

Dengan mengikuti lomba 17 Agustus ini, ternyata akan dapat membuat ia menjadi lebih percaya diri. Perlombaan yang dilaksanakan tentu memiliki tujuan untuk menemukan juara-juara dari lomba tersebut. Jika Si Kecil dirasa sudah mampu untuk berpartisipasi, maka tidak ada salahnya menyertakan Si Kecil dalam lomba ini. Dengan ikut lomba ini, maka rasa kompetitif Si Kecil akan nampak dan memicu rasa percaya diri dan keberaniannya.

  • Mengasah kreativitas

Sebagaimana umumnya lomba yang menuntut pesertanya untuk berpikir, lomba 17 Agustus juga demikian. Lomba-lomba yang dihadirkan biasanya akan membuatnya berpikir cekatan untuk menggapai kemenangan. Cara-cara kreatif tentu nantinya akan muncul saat ia mengikuti sebuah lomba. Seperti misal lomba makan kerupuk, sederhana namun pasti akan membuatnya berpikir untuk mencari ruang yang pas untuk memakan kerupuk tersebut dengan cepat.

  • Melestarikan budaya Indonesia

Seperti di awal pembahasan kita, lomba 17 Agustus tidak pernah berubah sejak kita kecil hingga saat ini menjadi orangtua. Hal ini dapat terjadi karena kita berhasil melestarikan budaya baik Indonesia. Tentu kita juga akan menjadi lebih senang jika Si Kecil terkesan dengan perlombaan ini dan terus dapat melestarikan budaya Indonesia dengan menjadi panitianya kelak saat ia sudah besar.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui manfaat lomba 17 Agustus yang bisa Si Kecil rasakan saat ini hingga saat dia besar nanti. Yang terpenting adalah agar kita dapat selalu menjaga Si Kecil saat mengikuti lombanya agar semuanya berjalan lancar, ya! -KJ

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *