Positive Parenting Yang Harus Kita Ketahui

positive parenting

Positive Parenting Yang Harus Kita Ketahui

Positive parenting adalah sebuah pola asuh anak yang sedang naik daun, bund! Nah bagi Bunda yang ingin tahu apasih positive parenting itu, maka Bunda berada di artikel yang tepat. Yuk kita bahas lengkap seputar pola pengasuhan anak ini!

Definisi positive parenting

Pengasuhan positif sendiri sebenarnya merupakan cara pengasuhan yang secara umum berkaitan dengan kesadaran bahwa hubungan orangtua dan anaknya adalah hal paling penting yang perlu dijaga dalam kesempatan apapun. Melewati cara ini, orangtua diharapkan dapat membantu Si Kecil untuk mengembangkan rasa percaya dirinya dengan cara terlebih dahulu membuat mereka menjadi mandiri, bertanggung jawab, bersyukur dan bersikap baik.

Perlu kita ketahui bahwa positive parenting memiliki dampak tersendiri jika disalah artikan. Dengan menjalankan ini, bukan berarti orangtua dapat menjadi lembek dan selalu memanjakan anak. Orangtua tetap perlu untuk menunjukkan sikap tegas saat memang diperlukan.

Lalu, bagaimana sih cara menerapkan pola asuh ini?

Terdapat banyak cara yang dapat orangtua coba untuk menerapkan pola pengasuhan positif ini. Berikut beberapa di antaranya untuk dicoba!

  • Menjadi panutan yang baik

Seperti yang kita tahu, anak akan menirup apapun yang ia lihat dari orangtuanya. Sehingga, hal ini dapat menjadi cara untuk mengajarkan Si Kecil banyak hal seperti dengan menjadi panutan yang baik. Sesuai dengan prinsip utama positive parenting, maka orangtua dapat mendisiplinkan anak untuk bersikap baik dan menghormati sesama.

  • Menjadi orangtua yang kreatif saat mendisiplinkan anak

Terkadang, perilaku buruk anak tak dapat terhindarkan dan berulang. Sehingga, kita juga dituntut untuk menjadi lebih kreatif saat mencoba mendisiplinkan mereka. Jika kita terbiasa langsung memukulnya, maka coba kali ini untuk memanggilnya dan mengajaknya berdiskusi tentang hal tersebut. Nah, poin ini yang menjadi rawan jika selalu dilakukan. Perlu kita pahami bahwa cara ini tidak akan langsung berhasil sehingga mungkin saja ia akan melakukannya.

  • Tetapkan Batasan penting

Seperti yang sebelumnya kita bahas, disiplin merupakan hal utama dalam metode pengasuhan anak ini. Karenanya, disiplin pasti membutuhkan batasan yang harus Si Kecil patuhi. Orangtua juga dapat menjelaskan bahwa akan ada konsekuensi yang akan ia terima jika melanggar batasan itu.

  • Berikan ia kesempatan

Jika tadi kita terkesan mengikatnya, kini adalah poin paling penting yaitu kita harus dapat memberikannya ruang untuk memahami kesalahannya. Biarkan ia belajar dari kesalahan yang ia lakukan. Misalkan jika ia merusak salah satu mainannya, jangan langsung memberikannya mainan baru namun beri ia waktu agar ia belajar.

Apa saja manfaat dari positive parenting?

Poin-poin tadi tentu tidak mudah untuk kita lakukan, ya? Namun, jika kita tidak cepat menyerah maka kita akan merasakan banyak manfaat dari positive parenting tersebut, yaitu:

  • Memperkuat hubungan orangtua dan Si Kecil

Jelas ini merupakan tujuan utama dari pola pengasuhan positif. Keterikatan antara orangtua dan anak akan semakin meningkat karena adanya rasa percaya khususnya dari anak ke orangtuanya.

  • Meningkatkan kualitas komunikasi

Buah dari hasil yang pertama adalah kualitas komunikasi antara orangtua dan Si Kecil semakin meningkat. Hal ini terjadi karena dengan melakukan pola asuh ini, kita terbiasa untuk berkomunikasi dalam segala hal.

  • Meningkatkan kebahagiaan Si Kecil

Perilaku positif, rasa percaya dan komunikasi adalah tolak ukur utama. Jika dapat kita jalankan dengan baik, maka faktor-faktor tersebut akan meningkatkan kebahagiaan Si Kecil.

  • Melatih Si Kecil untuk mencari solusi yang baik

Dengan melakukan model pola asuh ini, tingkat kekerasan dalam mendisiplinkan anak akan cukup berkurang. Hal ini dapat menjadi ruang bagi kita untuk mengajarkannya bagaimana kita mencari solusi permasalahan dengan cara yang lebih positif dan bijak.

  • Mendeteksi adanya kelainan

Pola pengasuhan ini akan melatih orangtua untuk menjadi lebih peka terhadap setiap alur pertumbuhan Si Kecil. Jika ada semacam kelainan pada Si Kecil, maka hal ini dapat lebih cepat terdeteksi sehingga orangtua dapat memberikan tindakan secara lebih dini. Berkurangnya perilaku buruk pada anak

Pengasuhan anak memang merupakan hal yang cukup memberikan banyak rasa. Namun, dengan melakukannya secara positif, maka pola pengasuhan positif akan menjadi cara yang bagus untuk mengurangi perilaku buruk Si Kecil. Nah berikut pembahasan kita, semoga bermanfaat, ya! -KJ

No Comments

Post A Comment