Muncul Bintik-Bintik di Payudara? Yuk Atasi dari Sekarang!

Muncul Bintik-Bintik di Payudara? Yuk Atasi dari Sekarang!

Payudara merupakan bagian penting terkhususnya untuk wanita dan membutuhkan perawatan khusus. Menjaga payudara dengan perhatian lebih adalah sebuah hal yang wajib karena terdapat banyak fungsi penting dan juga potensi penyakit tertentu seperti bintik-bintik di payudara. Apakah bintik-bintik di payudara menjadi petanda bahaya? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Penyebab Bintik-Bintik di Payudara

Sebelum mulai membahasnya, baiknya Moms mengetahui terlebih dahulu penyebab hadirnya bintik ini di sekitaran payudara Moms, yaitu;

1. Kehamilan dan faktor hormonal

Kehamilan merupakan saat dimana akan terjadi perubahan-perubahan pada area tubuh. Salah satu yang bisa saja berubah ialah bagian puting yang akan membesar karena ukuran kelenjar areola yang juga berubah karena dorongan faktor hormon. Perubahan yang nampak adalah bintk-bintik yang berwarna coklat yang cenderung tidak berbahaya. Baiknya jangan menekan bintik-bintik tersebut karena mungkin akan menyebabkan infeksi.

2. Penyumbatan puting

Bintik-bintik juga dapat berasal dari adanya penyumbatan di daerah puting. Penyumbatan ini bisa terjadi karena gumpalan susu dan kulit. Gumpalan tersebut membentuk sebuah lepuhan yang menjadi bintik-bintik di kelenjar areola. Baiknya lepuhan tersebut bisa saja hilang saat Si Kecil menyusui karena ia akan membuat tekanan pada payudara. Jika masih membandel segeralah berkonsultasi ke dokter karena bisa saja meningkatkan risiko infeksi mastitis pada payudara.

3. Infeksi Jamur 

Penyebab umum dari munculnya bintik adalah jamur. Biasanya jika jamur menginfeksi, tidak hanya bintik namun juga akan terdapat beberapa gejala lainnya seperti kulit merah, rasa gatal atau justru rasa sakit yang mengganggu. Apabila benar infeksi jamur menjadi penyebab maka Moms perlu berkonsultasi secara berkala dengan dokter untuk mendapatkan perawatan terbaik karena bisa saja jamur tersebut menular kepada Si Kecil.

4. Tekanan berlebih

Menggunakan bra yang terlalu ketat, atau penggendong bayi yang terlalu kencang dapat menjadi penyebab bintik-bintik payudara. Hal ini terjadi karena adanya tekanan yang terlalu kuat sehingga menbuat penyumbatan ASI yang berkaitan dengan poin nomor dua sebelumnya.

Mengatasi Munculnya Bintik-Bintik Payudara

Nah, setelah membahas penyebabnya baiknya Moms mengetahui cara mengatasi munculnya bintik-bintik payudara ini dengan baik dan benar. Berikut beberapa cara yang bisa Moms lakukan:

1. Kompres payudara

Seperti yang sebelumnya dijelaskan, bintik-bintik payudara bisa muncul dari penyumbatan. Meski bisa hilang dengan sendirinya, namun Moms dapat mempercepat proses penyembuhannya dengan melakukan kompres payudara secara rutin atau menggunakan air hangat untuk mandi.

2. Pijat

Melakukan pijatan ringan di daerah payudara akan mengurangi sumbatan penyebab bintik-bintik yang ada di daerah payudara. Cukup lakukan secara perlahan secara rutin minimal satu kali sehari saat Moms sedang dalam waktu santai.

3. Memilih bra yang nyaman

Setelah beberapa cara di atas, ternyata hal mendasar pun perlu diperhatikan lho, Moms! Hal yang perlu perhatian adalah pemilihan bra. Bintik-bintik coklat yang muncul di sekitaran payudara  dapat berasal dari tekanan akibat penggunaan bra yang terlalu ketat. Karena itulah, Moms harus memperhatikan bra yang akan dibeli atau digunakan khususnya saat masa kehamilan dan menyusui agar dapat dengan nyaman digunakan.

4. Pola Hidup Sehat

Saat masa-masa perubahan bentuk tubuh seperti kehamilan dan melahirkan, pastinya penting bagi Moms untuk memiliki pola hidup sehat. Salah satu manfaatnya adalah mengurangi bintik-bintik payudara yang mulai terlihat. Biasakanlah untuk melakukan olahraga ringan dan menjaga konsumsi makanan kaya gizi untuk meningkatkan ketahanan tubuh.

Bintik-bintik yang muncul di area payudara merupakan gejala yang timbul dengan alasan tertentu. Meski menjadi keluhan yang cukup umum, namun tetap bisa menjadi masalah serius jika tidak ditangani dengan baik. Apabila Moms memiliki kecemasan tentang bintik-bintik ini maka segera konsultasikan dengan dokter, ya! – KJ

 

No Comments

Post A Comment