Memperkuat Kemampuan Sensorik dan Motorik Anak

baby hand in mouth

Memperkuat Kemampuan Sensorik dan Motorik Anak

Memperkuat kemampuan sensorik dan motorik anak adalah hal penting terutama ketika si kecil lahir hingga memasuki rata-rata usia dua tahun. Pada masa ini akan terjadi perkembangan yang ditandai dengan kemampuannya untuk menggerakkan anggota tubuhnya, kemampuan sensorik dan motorik ini biasa disebut dengan sensorimotor. Perkembangan sensorik tentunya berkaitan dengan kemampuan fungsi indranya seperti penglihatan, pendengaran dan lainnya. Selain itu ada juga perkembangan motorik yang berfokus pada pergerakan anggota tubuh yang melibatan otot.

Setelah memahami bahwa fase tersebut telah tiba, maka orang tua dapat membantu memperkuat proses perkembangan kedua hal tersebut dengan beberapa cara seperti:

Bermain Dengan Objek Sekitar dan Memainkan Hal Sederhana

Melakukan aktifitas sederhana seperti permainan cilukba dengan selimut akan membantunya untuk belajar membedakan objek secara cepat. Ketika si kecil awalnya tidak menyadari wajah bapak/ibu, ia akan terstimulasi untuk mencari anda dengan menarik selimut tersebu sehingga indra peraba dan penglihatan.

Mengenalkannya Dengan Buku Bergambar

Sudah menjadi hal wajar, bayi dan balita sangat menyukai suatu benda dengan warna-warna mencolok, hal ini dapat dimanfaatkan ayah ibu untuk kemudian mengenalkannya pada buku bergambar yang memungkinkan si kecil untuk dapat merasakan tekstur, selain itu dengan demikian juga dapat membantu memperkuat kemampuan kognitifnya (dunia sekitar) ketika orang tua memintanya menggambar hal sederhana seperti buah-buahan.

Menggunakan Permainan yang Bergerak

Kemampuan motorik si kecil dapat diasah dengan menyediakannya beberapa hal seperti mainan bergerak. Melalui mainan ini ia dapat terpacu untuk ikut bergerak, selain itu mainan dengan suara tertentu juga dapat dengan cepat melatihnya untuk mendengar karena selain menarik perhatian si kecil, hal ini dapat membuatnya “mengerjakan banyak hal”.


Bermain yang melibatkan taktil (sentuhan dan rabaan)

Bermain beberapa mainan kecil seperti rattle stick dan menyusun bentuk bentuk tertentu, memainkan alat musik sederhana dan lempar tangkap bola dapat menjadi pilihan aktifitas untuk melatih indranya karena menyentuh dan merasakan sesuatu adalah keterampilan motorik yang paling pertama akan dipelajadi si kecil sejak baru lahir.

Bagaimana moms/dads? melatih perkembangan sensorimotor si kecil sejak awal sangatlah penting sebagai investasi jangka panjangnya, karena hal ini akan memberi dampak pada keterampilan si kecil saat ia semakin beranjak besar.

No Comments

Post A Comment