Kebutuhan Tidur Bayi Sesuai Dengan Umurnya

Kebutuhan Tidur Bayi Sesuai Dengan Umurnya

Kebutuhan Tidur Bayi Sesuai Dengan Umurnya adalah hal yang perlu diperhatikan, Moms. Kebutuhan tersebut berkaitan dengan usia perkembangannya. Bayi baru lahir biasanya sering tidur dalam sehari dan durasi tidurnya pun singkat. Semakin bertambah usia, jam tidur bayi lama-kelamaan akan berkurang digantikan dengan durasi tidur malam yang meninkat.Liza Meltzer,Ph.D., seorang spesialis tidur dan profesor pediatri mengatakan “Bayi yang memiliki rutinitas tidur yang konsisten, lebih sedikit bangun di malam hari, akan bangun lebih bahagia setiap pagi,”

Yang pasti, jam tidur bayi pastinya berbeda dengan orang dewasa. Menurut American Academy of Pediatrics, jika seseorang kekurangan waktu tidur maka akan ada beberapa perilaku dan masalah kesehatan yang terjadi. Kini yang menjadi pertanyaan, lantas berapakah durasi tidur bayi yang normal?

Yuk kita lihat pola tidur bayi dan jam tidur sesuai usianya, Moms!

Pola Tidur

Pola bayi yang baru lahir sangat mudah ditebak, mereka biasanya dapat tidur sepanjang hari dan malam dan hanya terbangun untuk menyusu setiap beberapa jam sekali. Umumnya, bayi baru lahir dapat menghasilkan sekitar 8 hingga 9 jam saat siang dan total sekitar 8 jam di malam hari. Namun, karena perutnya yang kecil, mereka harus bangun setiap kurang lebih tiga jam sekali untuk makan.

Moms juga perlu memperhatikan perubahan pola tidur si bayi. Jika bayi Moms biasanya tidur secara konsisten dan tiba-tiba lebih sering terbangun, maka mungkin saja ada masalah yang sedang terjadi atau mungkin, bayi Moms sedang mengalami akselerasi pertumbuhan dan perlu untuk makan secara lebih sering.

 

Jam Tidur Bayi

 

Berikut adalah panduan jam tidur bayi agar si kecil dapat memiliki kualitas tidur yang baik agar Si Kecil tetap memiliki waktu tidur yang berkualitas.

1. Newborn – 2 Bulan

Total jam tidur bayi baru lahir hingga usia 2 bulan adalah 12-18 jam sehari seperti yang dokter anak Harvey Neil Karp, FAAP katakan. Selama masa-masa awal ini, bayi cenderung sering terbangun di siang hari untuk menyusu, tak tanggung, ia dapat menyusu sebanyak 10-12 kali sehari.

Di malam hari, umumnya mereka akan tidur sekitar jam 10 malam dengan durasi 4 jam di bulan pertama dan 4-8 jam pada usia 2 bulan. Tidak seperti anak-anak usia diatasnya, bayi kecil biasanya akan memiliki pola tidur yang ringan dan gelisah. Selain itu ia juga akan mengalami REM (Rapid Eye Movement) atau tidur dengan gerakan mata yang cepat.

2. Usia 2 – 4 Bulan

Pada masa ini, si bayi tidak lagi mengalami REM setelah tertidur, dan siklus tidur “nyenyak” mereka akan menjadi lebih lama. Waktu tidur malam bayi di usia ini umumnya sedikit lebih awal yaitu sekitar jam 9 malam dan masih akan terbangun beberapa kali untuk menyusu.

Berbanding terbalik dengan tidur malam, durasi tidur siangnya akan lebih singkat yaitu hanya sekitar 2-3 jam tidur dalam sehari sehingga secara keseluruhan dalam 24 jam, ia akan tidur selama 13-14 jam. Sekitar usia 2-4 bulan ini, si bayi akan mengembangkan pola tidur siang dan malam secara konsisten. Memulai rutinitas sebelum tidur, seperti mandi, menyusu, dan mendengarkan dongeng dapat dilakukan pada masa ini.

3. Usia 4 – 6 Bulan

Di fase ini, si kecil akan mulai belajar tidur sendiri di kasur bayi atau di kamar mereka, tanpa perlu ditidurkan. Sebagian besar bayi akan tidur tanpa masalah di malam hari selama 5 jam atau lebih, dan terkadang mereka akan tidur lebih dari 10 jam.

Di usia ini, Si Kecil juga berpotensi mengalami beberapa gangguan tidur, seperti:
  • Kesulitan untuk tidur

Coba untuk memeriksa kenyamanan si kecil saat ia hendak tidur. Pastikan apakah ia sudah kenyang, apakah popoknya sudah diganti dan apakah ia mengenakan alas tidur dan selimut yang lembut.

  • Sering bangun pada saat malam

Moms akan menemui masa dimana ia akan lebih sering terbangun di malam hari, hal ini wajar karena sebenarnya ia masih membutuhkan banyak waktu tidur, namun ia sudah terlalu banyak tidur sepanjang hari itu. Jika ia sudah mulai sering terbangun di malam hari, maka cobalah untuk mengurangi durasi jam tidur siang Si Kecil.

  • Rewel saat tidur

Si kecil akan mulai beristirahat di malam hari, namun terkadang ia kesulitan untuk tertidur. Cara yang bisa Moms lakukan adalah dengan membantunya untuk mengasosiasikan kegelapan sebagai peningkat nafsu tidurnya. Mematikan lampu kamar dan lorong depan juga sangat baik, jika diperlukan, menambah bunyi – bunyian dengan volume  sangat kecil juga dapat membantunya.

Jangan lupa untuk menjaga suhu ruangannya, pastikan ruangan berada di antara 20 dan 22 derajat Celcius.

4. Bayi Usia 6 – 12 Bulan

Pada usia ini kebanyakan bayi memiliki waktu tidur terlama di malam hari. Dengan waktu rata-rata di pukul 6 sore dan 8 malam, mereka hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit untuk terlelap. Jangan khawatir Moms, di usia ini ia akan semakin jarang terbangun di malam hari.

Sedangkan untuk jam tidur siangnya, sebagian besar bayi masih tidur siang di jam 1-2 siang yang akan memakan waktu selama 1-2 jam.

Menjelang usia 9-12 bulan, ia akan menghabiskan waktu tidur 12 jam dalam sehari, namun ada beberapa faktor pembeda lainnya seperti berat badan atau kekenyangan si bayi.

5. Setelah Bayi Berusia di Atas 1 Tahun

Pada usia ini, jam tidur si kecil akan cenderung lebih membaik dan teratur. Si Kecil akan cenderung tidur lebih lama dan jarang terbangun disaat malam. Pada saat usianya menginjak satu tahun, sebagian besar bayi akan memiliki jam tidur 8 hingga 14 jam dalam 1 hari, dan hanya terbangun sekali/dua kali.

Tips Mengubah Pola Tidur Bayi yang Baru Lahir

Mengubah pola tidur bayi baru lahir adalah hal yang sangat sulit, daripada mengubah, mebih baik Moms melakukan hal-hal yang dapat untuk membuat lingkungannya lebih kondusif untuk tidur seperti memastikan popoknya diganti, mengenakannya selimut dan suhu.

Ketika bayi Moms berusia sekitar 3 bulan, dapat mencoba mengatur jadwal tidurnya, dan ketika dia berusia antara 4 dan 6 bulan, Moms dapat lebih mengasah dan menstimulasi agar ia dapat tidur sendiri di waktu yang sama setiap harinya.

Seiring bertambahnya usia si bayi, ia akan mulai tidur lebih lama hingga pada akhirnya jadwal tidurnya akan sama dengan kita (orang dewasa). Dalam prosesnya, Moms harus menjalaninya dengan sabar, karena, ini juga yang akan menjadi cerita Moms kelak!

No Comments

Post A Comment