Bunda, Ketahuilah Ciri Autisme Pada Anak Berikut Ini!

Autisme merupakan sebuah gangguan yang cukup sering kita dengar. Autisme itu sendiri merupakan sebuah gangguan perkembangan otak yang dapat mempengaruhi kemampuan Si Kecil untuk berkomunikasi dan berinteraksi. Dampak lain dari autisme pada anak itu sendiri adalah gangguan perilaku yang dapat membatasi Si Kecil dalam beragam hal lain nantinya.

Mungkin kini beberapa bunda bertanya, “apa saja ciri yang dapat kita ketahui agar kita mengetahui potensi autisme ini lebih dini?”, karena itu, yuk kita bahas!

Baca Juga: Kaki Bengkok Pada Bayi

Ciri-ciri autisme pada Si Kecil

Menyoal ciri-ciri autisme tentu akan melibatkan beberapa hal, karena gangguan ini dapat muncul dari berbagai tanda yang juga berbeda-beda untuk setiap anaknya. Namun, ciri-ciri autisme ini umum berkaitan dengan komunikasi dan interaksi Si Kecil, antara lain:

  • Si Kecil tidak merespon panggilan namanya

Si Kecil lazimnya akan merespon ketika namanya disebut, namun pada anak yang berpotensi terkena autisme, hal ini menjadi tidak terlalu terlihat meski ada juga anak pengidap autis akan tetap merespon panggilan tersebut.

  • Tidak meniru

Suatu hal yang pasti dari anak balita adalah suka meniru hal yang orang lain contohkan. Namun, anak dengan autisme tidaklah demikian.

  • Selalu ingin menyendiri

Jika Si Kecil dengan autisme secara umum cenderung lebih suka bermain sendiri dengan yang mereka suka. Hal ini mungkin terjadi karena mereka tidak terlalu pandai meniru sehingga mereka agak kesulitan mengembangkan kemampuan bermain lainnya.

  • Emosi yang tidak ekspresif

Anak normal biasanya sangat peka dengan emosi yang ia rasakan maupun yang ia terima. Sedangkan, anak dengan autisme biasanya tidak seperti itu. Ia tidak peduli dengan ekspresi orang lain yang tersenyum padanya.

  • Menghindar dari kontak mata

Bagi penyandang autisme, kontak mata justru dapat menyebabkan ia merasa tidak nyaman. Hal ini adalah contoh yang paling sering terlihat.

  • Kesulitan tidur terlalu sering

Beberapa anak dengan autisme tidak dapat melepas hormone melatonin dengan baik. Hormon ini memiliki peran penting untuk mengatur siklus jam biologis. Selain karena hormone, alasa lain adalah karena tingginya kepekaan terhadap rangsangan seperti bunyi sehingga menyulitkannya tidur.

  • Hiperaktif

Kendali impuls adalah hal yang sangat sulit bagi mereka untuk kendalikan. Rasa frustasi yang sebenarnya normal dapat diterima secara berlebih bagi Si Kecil dengan autisme. Selain itu ia juga dapat menjadi hiperaktif karena ia tidak akan mempedulikan orang di sekelilingnya dan terus melakukan yang mereka suka.

Baca Juga: Gumoh Dan Hal Yang Perlu Bunda Ketahui

Apa saja faktor penyebab autisme pada anak?

Terdapat beberapa foktor utama yang dapat memicu masalah autisme pada anak. Berikut di antaranya:

  • Faktor genetis: Autisme dapat menjadi sesuatu yang menurun dari orangtua ke anaknya.Hal ini akan lebih berisiko pada anak ke dua.
  • Faktor lingkungan: Lingkungan juga memiliki potensi untuk menjadi kontributor autisme seperti konsumsi obat-obatan selama masa kehamilan.
  • Kelahiran prematur: Bayi yang terlahir prematur biasanya memiliki tingkat kerentanan lebih tinggi untuk terkena gangguan autisme ini.

Nah tadi adalah pembahasan kita seputar autisme pada anak. Jika Si Kecil memiliki beberapa ciri tersebut, harapannya Bunda dapat langsung mengetahuinya. Jangan sampai menunda membawa Si Kecil Ke dokter ya, Bunda! -KJ

1 thought on “Bunda, Ketahuilah Ciri Autisme Pada Anak Berikut Ini!

  1. Pingback: Bunda, Pernah Mendengar Baby Blues? - Cintaka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *