Bunda Harus Tahu Manfaat Madu Bagi Si Kecil

Bunda Harus Tahu Manfaat Madu Bagi Si Kecil

Banyak orang sudah mengetahui manfaat madu, salah satunya pasti Bunda. Madu merupakan cairan yang memiliki khasiat bagi tubuh manusia, khususnya anak-anak. Kemampuannya untuk menjaga daya tahan tubuh, hingga mengobati luka tentu sangat cocok bagi Si Kecil yang tengah mengalami masa pertumbuhan. Namun, sebaiknya Bunda memberikan madu saat ia sudah menginjak usia minimal 2 tahun. Hal ini bukan tanpa alasan, karena madu juga mengandung beberapa bakteri yang dapat menyebabkan keracunan bagi bayi yang masih terlalu kecil.

Tetapi, bagi batita dan balita yang sudah berusia di atas 2 tahun, madu akan memberikan banyak sekali manfaat yang akan kita bahas berikut.

  • Madu dapat menjadi sumber energi

Madu akan memberikan energi tambahan bagi Si Kecil. Terdapat beragam kandungan gula di dalam madu seperti sukrosa, glukosa dan fruktosa. Salah satu jenis glukosanya yaitu fruktosa akan bertahan dan mengendap lebih lama di tubuhnya, membantunya menghasilkan energi secara konsisten. Dengan demikian, fruktosa relatif lebih aman bagi Si Kecil.

Baca Juga: Menjadi Single parent yang Telaten

  • Menjaga Hati Si Kecil

Mungkin terlalu serius ya, tapi bukan dalam arti yang lain lho, Bunda! Karena madu bermanfaat untuk menjaga tubuh, tentu salah satunya adalah organ hati Si Kecil. Saat Si Kecil terkena sakit seperti demam, obat-obatan seperti paracetamol. Dengan memberikannya maduYa, madu dapat melindungi tubuh manusia secara keseluruhan, termasuk hati. Madu terbukti dapat mengurangi efek samping dari obat-obatan yang dapat menyebabkan kerusakan organ hati Si Kecil. Obat-obatan umum seperti paracetamol dapat teratasi dengan madu. Berikan ia satu sendok madu untuk melindungi kesehatan hatinya.

  • Tinggi Vitamin dan Mineral

Kandungan yang berada dalam madu sangat penuh dengan vitamin dan mineral. Kandungan ini sangat penting tentunya bagi Si Kecil apalag mereka kini sedang dalam masa pertumbuhanm. Tak lupa, madu memiliki nutrisi lainnya seperti mineral dan antioksidan yang mampu menjaga Si Kecil dari polutan, apalagi bagi keluarga yang tinggal di daerah perkotaan.

  • Membantu Luka Sembuh dengan Cepat

Mungkin sebagian dari Bunda belum tahu bahwa madu juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi Si Kecil yang sangat aktif dan riskan untuk terluka. Mengoleskan mad uke luka akan membuat mereka sembuh lebih cepat. Hal ini dapat terjadi karena madu mempercepat proses proses tubuh untuk menyembuhkan luka sehingga membuat iritasi kulit dapat cepat berkurang.

Baca Juga: Bunda, Apa Itu Penyakit Milia Pada Bayi?

  • Mengurangi Gejala Batuk

Madu dapat bertindak sebagai penenang tenggorokan. Kelebihan ini tentu akan lebih bermanfaat bagi Si Kecil saat ia mengalami masalah dengan tenggorokannya seperti saat ia sering batuk atau kesakitan saat menelan.

Nah, tadi adalah berbagai manfaat madu bagi Si Kecil yang masih balita. Meskipun manis, faktanya madu melebihi sangat banyak manfaat bagi Si Kecil. Yuk mencobanya! -KJ

No Comments

Post A Comment