Bermain di Dalam Atau Luar Rumah?

anak bermain di luar bersama ibu

Bermain di Dalam Atau Luar Rumah?

Bermain di Dalam Atau Luar Rumah?

Bermain adalah kegiatan yang tentu menyenangkan bagi anak-anak. Kegiatan ini secara umum akan menstimulasi perkembangannya dalam berbagai aspek. Hal anak bisa bermain kapan dan di mana saja, di dalam maupun di luar rumah. Namun perlakuan ini berbeda-beda menyesuaikan dengan karakter si anak maupun orang tua. Terkadang banyak orang tua yang memilih untuk membiarkan anaknya di luar rumah agar Si Kecil lebih sering menghirup udara segar, bermain dengan banyak anak lain namun ada juga yang lebih memilih untuk membiarkan Si Kecil untuk bermain di dalam rumah karena faktor keamanan. Lalu mana sih yang lebih baik? Bermain di Dalam Atau Luar Rumah? Yuk disimak!

Jika Si Kecil bermain di luar rumah

Beberapa hal perlu diperhatikan jika Si Kecil bermain di luar rumah. Beberapa potensi mungkin terjadi seperti misalkan tubuh dan baju yang akan menjadi kotor. Namun, hal ini akan memberikannya banyak pelajaran akan hal-hal baru dan mendapatkan banyak manfaat seperti;

  • Memiliki kekebalan terhadap penyakit
  • Meningkatkan kreativitas
  • Menstimulasi perkembangan fisik
  • Mensosialisasikan diri dengan teman baru

Namun, seperti yang sebelumnya disampaikan, aktivitas di luar rumah tentu memiliki risiko yang perlu perhatian khusus, bermain di luar rumah biasanya dapat melibatkan kekuatan fisik seperti bermain bola, bermain air di taman dan lainnya. Bisa saja ia mengalami insiden seperti terjatuh yang akan membuatnya terluka, mungkin hal ini adalah wajar namun jika orang tua membolehkannya, maka berfokuslah untuk merawat luka tersebut dan menenangkan Si Kecil.

Manfaat bermain di dalam rumah

Bermain di dalam rumah memang terkesan kurang mengasyikan dan membatasi ruang lingkup Si Kecil. Namun sebenarnya, hal ini juga dapat sangat mengasyikan. Karena rasa ingin tahunya, apapun yang ia lihat di sekitarnya akan menarik perhatiannya. Kelebihan lain dari bermain di dalam rumah adalah, orang tua dapat memantau kegiatannya dengan mudah. Biarkan ia ber-eksplorasi, seperti ketika ia memainkan peralatan dapur, ajaklah ia bermain ‘masak-masakan’. Ketika aktivitas tersebut terjadi, akan memberikan banyak manfaat seperti minat baru, kedekatan orang tua, dan latiahan kordinasi otak dan otot. Sebenarnya masih banyak contoh kegiatan lain yang mengasyikan, namun tujuan utamanya tetap sama yaitu eksplorasi hal baru yang ia sukai. Namun bermain di dalam rumah sendiri sejatinya tidak menghindarkan Si Kecil dari bahaya, Moms!

Nah kalau begitu, Moms termasuk yang mana nih? Yuk sharing di kolom komentar!- KJ

4 Comments

Post A Comment