Alasan Asam Folat Penting bagi Kehamilan

Asam folat adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan selama kehamilan. Asam folat penting untuk membantu Bunda yang sedang hamil dalam perkembangan sel, sintesis DNA, dan pembentukan jaringan tubuh yang sehat pada janin. Nah, kekurangan asam folat selama kehamilan dapat memberikan risiko terhadap perkembangan janin dan meningkatkan risiko cacat tabung saraf pada bayi.

Karenanya, penting bagi Bunda yang sedang hamil untuk memperhatikan asupan asam folat untuk menjaga kesehatan dan perkembangan optimal janin.

Baca Juga: Mengapa Label BPA Free Sangat Penting?

  • Pembentukan Sel dan DNA

Asam folat berperan penting dalam sintesis dan perbaikan DNA. Selama kehamilan, janin sedang mengalami pertumbuhan yang pesat, dan asam folat membantu dalam pembentukan sel-sel baru yang sehat. Ini sangat penting dalam pembentukan organ-organ vital seperti otak dan sumsum tulang belakang.

  • Pencegahan Cacat Tabung Saraf

Salah satu manfaat paling terkenal dari asam folat adalah mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Cacat tabung saraf dapat terjadi pada awal masa kehamilan, khususnya pada minggu pertama hingga empat minggu pertama. Asam folat membantu dalam pembentukan dan penutupan tabung saraf pada janin, yang merupakan langkah awal dalam pembentukan sistem saraf yang sehat.

  • Produksi Sel Darah Merah

Asam folat juga berperan dalam produksi sel darah merah. Selama kehamilan, volume darah Bunda akan meningkat untuk memenuhi kebutuhan Si Kecil di dalam kandungan. Asam folat membantu memastikan jumlah sel darah merah yang cukup untuk mengangkut oksigen ke janin dan Bunda. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan anemia pada Bunda yang dapat berdampak negatif pada kesehatan Bunda maupun perkembangan Si Kecil.

  • Mencegah Risiko Komplikasi

Asam folat juga dapat membantu mencegah beberapa risiko komplikasi kehamilan, seperti preeklamsia dan pertumbuhan janin terhambat. Preeklamsia adalah kondisi serius yang ditandai dengan tekanan darah tinggi pada ibu hamil dan dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti kerusakan organ dan bahkan  juga kematian. Asam folat membantu menjaga tekanan darah dalam batas normal dan meminimalkan risiko preeklamsia.

Baca Juga: Mengapa Air Kelapa Selalu Menjadi Pilihan Ibu Hamil?

Nah kini kita tahu bahwa asam folat merupakan nutrisi penting yang harus diperhatikan oleh Bunda yang hamil. Kekurangan asam folat dapat meningkatkan risiko cacat tabung saraf pada bayi dan komplikasi kehamilan lainnya. Penting bagi Bunda untuk memastikan asupan asam folat yang memadai melalui makanan atau suplemen yang direkomendasikan oleh dokter. Dengan menjaga asupan asam folat yang cukup, Bunda dapat memberikan dukungan optimal untuk perkembangan Si Kecil dan kesehatan Bunda selama kehamilan! -KJ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *